Kamis, 22 Oktober 2009

Membuat Jam Digital Menggunakan Flash Lite 1.1

utorial Pembuatan Jam Digital dengan FlashLite 1.1

1. Buat FiLe baru (Ctrl+N)

2. Klik Tab Template, karena qta akan membuat fiLe baru dari temPLate saja (New From template), sehingga ndak perLu setting ukuran stage dan sebagainya.



3. Pada Category qta pilih Global Handsets, kemudian pada Templates qta pilih Nokia S60 - 176x208 (kaLo tidak menemukan opsi ini, bisa pilih yang lain, yang penting ukurannya disesuaikan dengan dimensi layar HP qta)

4. Untuk setting stage dan sebagainya, mari qta pastikan bersama-sama bahwa setting-nya adalah sebagaimana yang nampak pada gambar di bawah ini:

Jika belum sama, terutama untuk Size, Player, dan Frame Rate, maka qta samakan duLu ya

5. Selanjutnya qta klik satu kali pada layer Layer 1 Frame 1, kemudian dengan menggunakan Text Tool qta buat 3 buah Dynamic Text yang akan berfungsi sebagai angka penunjuk jam, menit, dan detiknya.

6. Lalu qta perlu memberikan nama variabel yang akan mentukan isi dari masing-masing dynamic text tersebut dengan mengisikan: jam, menit, dan detik ke dalam kotak var pada properties panel, tentunya setelah qta menyeleksi dynamic text yang bersangkutan.

7. Perpanjang frame pada layer Layer 1 sampai dengan frame 25.

8. Buat keyframe baru (Insert Keyframe) pada layer ActionScript frame 2 dan frame 25. Panjang frame ini ada kaitannya dengan Frame Rate yang qta gunakan (24 fps) yang bersesuaian dengan 1 detik yang dibutuhkan untuk mengupdate isian dari dynamic text yang telah qta buat.

9. Klik frame 2 pada layer ActionScript lalu tekan F9 untuk membuka ActionPanel. Selanjutnya tambahkan script berikut:

jam = fscommand2("GetTimeHours");
menit = fscommand2("GetTimeMinutes");
detik = fscommand2("GetTimeSeconds");

10. Klik frame 25 pada layer ActionScript. Selanjutnya tambahkan script berikut:

gotoAndPlay(2);

11. Lakukan Test Movie (Ctrl+Enter) untuk melihat hasilnya. (Untuk Adobe Flash CS3, Test Movie secara langsung akan dilakukan oleh Adobe Device Central CS3)

12. Qta bisa mengganti warna Latar Belakang, menambahkan beberapa layer, frame, atau Movie Clip sesuai kebutuhan untuk menghiasnya lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar