Kamis, 22 Oktober 2009

Open Screen Project, untuk Format Terbuka Flash

Kemampuan Flash dalam menciptakan beragam animasi yang menghiasi website selama ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Bahkan banyak web developer yang membangun situsnya mempergunakan kemampuan animasi Flash ini. Semenjak mengakuisisi Flash dari Macromedia, Adobe terus melakukan pengembangan terhadap program aplikasi pembuat animasi nomor satu ini. Salah satu usaha pengembangan yang dilakukan Adobe adalah membuat Flash sebagai sebuah format terbuka melalui sebuah Application Programming Interface (API).

Project pengembangan Flash menjadi sebuah format terbuka ini oleh Adobe dinamakan Open Screen Project. Tujuan utama dari Open Screen Project ini adalah membuat Flash dapat dibuat dan dijalankan di berbagai jenis environment untuk games maupun aplikasi. Selain itu Open Screen Project yang dipelopori Adobe dan beberapa perusahaan manufacture ini juga bertujuan untuk menghadirkan sebuah software berbasis Flash dan penggunaannya.

Adapun tujuan utama dari Open Screen Project dari Adobe ini adalah :

  • Menghapuskan batasan-batasan penggunaan spesifikasi file SWF amapun FLV/F4V
  • Menerbitkan perlengkapan porting layer API untuk Adobe Flash Player
  • Menerbitkan Adobe Flash Cast protocol dan AMF protocol untuk kemudahan layanan data
  • Menghapuskan biaya lisensi – membuat release terbaru Adobe Flash Player dan Adobe AIR untuk berbagai media secara gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar